Makalah
Pemanfaatan Teknologi
MAKALAH
PEMANFAATAN TEKNOLOGI
DISUSUN OLEH
SINTA KUSUMA
AYU
N.P.M
: 120403020085
KELAS D
DOSEN MATA KULIAH
Drs DARMANTO M.Pd
(BAHASA INDONESIA KEILMUAN)
JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2013
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi’
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Malang, Selasa 16 April 2013
i
Daftar Isi
Kata Pengantar
i
Daftar Isi
ii
Bab I.
Pendahuluan
1
- Latar Belakang 1
- Rumusan Masalah 1
- Pemecahan Masalah 2
- Maksud Dan Tujuan 2
Bab I1. Pembahasan
Masalah 3
- Definisi Handphone 3
- Peranan Handphone Terhadap Kehidupan Remaja 3
- Manfaat Yang Diperoleh Dari Adanya Penggunaan Handphone 4
- Fakta Sikap Para Remaja Yang Menyalahgunakan Handphone 7
- Tindakan Remaja Untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone 8
- Langkah Pengendalian Penyalahgunaan Handphone 9
Bab I11.
Penutup 10
A. Kesimpulan 10
B. Saran
10
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan handphone. Anak-anak ini sebagai siswa di sekolah, memiliki kewajiban untuk belajar. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa?Handphone adalah tekhnologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone sudah beragam macamnya, walau fungsi utamanya adalah untuk menelepon/berbicara jarak jauh, fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet.Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, secara khusus juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran, baik dalam proses perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Produk teknologi yang saat ini lagi marak adalah handphone mampu memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasi pada saat bersamaan dan kapan saja. HP banyak membantu komunikasi antar individu dan bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.Penggunaan HP dalam dunia pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena dalam pikiran kita sepertinya HP hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS), mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual dan game. Tak ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan siswa di lingkungan sekolah. Sebenarnya, HP juga dapat bermanfaat bagi kalangan pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. HP yang dapat terhubung dengan layanan internet akan membantu siswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah. Namun, pada kenyataannya sangat sedikit pelajar yang memanfaatkan pada sisi ini, HP yang mereka miliki umumnya digunakan untuk sms-an, main game, dengar musik, nonton tayangan audiovisual, serta facebook-an. Memfungsikan HP bukan untuk fungsinya, dll. Selanjutnya, ini akan berdampak terhadap prestasi belajarnya di sekolah.
A.Latar Belakang Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan handphone. Anak-anak ini sebagai siswa di sekolah, memiliki kewajiban untuk belajar. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa?Handphone adalah tekhnologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone sudah beragam macamnya, walau fungsi utamanya adalah untuk menelepon/berbicara jarak jauh, fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet.Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, secara khusus juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran, baik dalam proses perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Produk teknologi yang saat ini lagi marak adalah handphone mampu memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasi pada saat bersamaan dan kapan saja. HP banyak membantu komunikasi antar individu dan bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.Penggunaan HP dalam dunia pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena dalam pikiran kita sepertinya HP hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS), mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual dan game. Tak ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan siswa di lingkungan sekolah. Sebenarnya, HP juga dapat bermanfaat bagi kalangan pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. HP yang dapat terhubung dengan layanan internet akan membantu siswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah. Namun, pada kenyataannya sangat sedikit pelajar yang memanfaatkan pada sisi ini, HP yang mereka miliki umumnya digunakan untuk sms-an, main game, dengar musik, nonton tayangan audiovisual, serta facebook-an. Memfungsikan HP bukan untuk fungsinya, dll. Selanjutnya, ini akan berdampak terhadap prestasi belajarnya di sekolah.
B .Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan penulis bahas, antara lain sebagai
berikut.
1. Apa definisi handphone?
2. Apa peranan telepon genggam terhadap
kehidupan remaja?
3. Apa dampak dari penggunaan dan penyalahgunaan
handphone?
4. Bagaimana fakta sikap para remaja yang menggunakan
handphone?
5. apa tindakan yang dilakukan remaja untuk
menghindari penyalahgunaan handphone?
6. apa pengaruh penggunaan handphone bagi kehidupan
remaja?
1
C. Pemecahan Masalah
1. Definisi
handphone.
2. Peranan
Handphone terhadap kehidupan dengan perkembangan teknologi dan
komunikasi.
komunikasi.
3. Dampak positif dan dampak
negative penggunaan dan penyalahgunaan handphone.
4. Fakta sikap para remaja yang menggunakan handphone.
4. Fakta sikap para remaja yang menggunakan handphone.
5. Tindakan yang dilakukan remaja untuk menghindari
penyalahgunaan handphone.
D. Maksud dan Tujuan
Maksud dari pembuatan karya tulis ini
adalah untuk memenuhi persyaratan akademis, yaitu
tugas pada mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan.
tugas pada mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan.
Tujuan karya tulis adalah sebagai berikut.
1. Untuk mengetahui perkembangan handphone serta
penggunaannya oleh remaja.
2. Menberikan informasi kepada masyarakat terutama remaja,mengenai dampak penggunaan
dan penyalahgunaan handpone.
2. Menberikan informasi kepada masyarakat terutama remaja,mengenai dampak penggunaan
dan penyalahgunaan handpone.
3. Memberikan informasi, kepada masyarakat terutama remaja
mengenai fakta penyalahgunaan
handphone yang dilakukan remaja.
4. Memberikan informasi tentang cara-cara untuk menghindari
penyalahgunaan handphone.
2
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Handphone
Telepon genggam atau Handphone
adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan
dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat
dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan
telepon menggunakan kabel.
B. Peranan handphone Terhadap
Kehidupan Remaja
Begitu besar pengaruh kemajuan
teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik
masyarakat perkotaan maupun pedesaan.. Kemajuan teknologi seperti televisi,
telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda
masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di
pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif
maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh remaja. Dan di akui atau
tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat
khususnya remaja di pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
Dampak yang positif dan juga negatif terhadap kehidupan masyarakat terutama kaum remaja yang nota bene selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru, sedang dari segi psikologis, kondisi kejiwaan mereka merupakan usia yang paling rawan terhadap pengaruh-pengaruh yang datang dari luar.
Dampak yang positif dan juga negatif terhadap kehidupan masyarakat terutama kaum remaja yang nota bene selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru, sedang dari segi psikologis, kondisi kejiwaan mereka merupakan usia yang paling rawan terhadap pengaruh-pengaruh yang datang dari luar.
Saat ini dapat kita lihat betapa
kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir remaja. Mereka
banyak berinteraksi dengan teknologi seperti televisi, handphone, ataupun
internet. Dan juga secara pengaruh, merekalah yang paling rentan terkena
pengaruh/dampak negatif dari teknologi tersebut. Kalau dulu kita lihat para
siswa bersekolah dengan hanya membawa buku-buku pelajaran ataupun alat tulis,
kini dapat kita saksikan para siswa berangkat sekolah dengan handphone sebagai
bawaan wajib mereka. Entah sebetulnya mereka benar-benar membutuhkan handphone
tersebut sebagai alat komunikasi atau tidak, yang jelas bagi remaja handphone
merupakan sarana gaul yang mutlak yang mereka miliki. Semakin bagus handphone
yang mereka punya, semakin merasa gaul dan merasa percaya diri
Dari mana para remaja itu memperoleh
handphone tersebut?
Mereka memperolehnya dari orang tua mereka masing-masing.Dan umumnya, para orang tua itu merasa bangga bisa memenuhi segala kebutuhan dan permintaan anaknya tanpa mereka memperhatikan dampak yang akan timbul dari apa yang mereka para orang tua berikan pada anak. Itulah ungkapan kasih sayang orang tua yang mungkin cara penyampaiannya kurang tepat.
Mereka memperolehnya dari orang tua mereka masing-masing.Dan umumnya, para orang tua itu merasa bangga bisa memenuhi segala kebutuhan dan permintaan anaknya tanpa mereka memperhatikan dampak yang akan timbul dari apa yang mereka para orang tua berikan pada anak. Itulah ungkapan kasih sayang orang tua yang mungkin cara penyampaiannya kurang tepat.
3
Memberikan alat komunikasi seperti handphone kepada anak, sesungguhnya
bukan hal yang salah, karena dengan handphone tersebut, mungkin orang tua
berharap komunikasi dengan sang anak lebih mudah dan lancar, akan tetapi, hal
tersebut menjadi boomerang ketika ternyata handphone tersebut disalahgunakan
oleh anak untuk hal-hal yang negatif seperti menyimpan foto-foto ataupun video
porno dan juga di gunakan sebagai alat yang memperlancar komunikasi dengan
lawan jenis untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti pacaran, sehingga
dengan handphone tersebut berdampak negatif pada anak khususnya remaja seperti
terjadinya pergaulan bebas, seks di luar nikah dan menurunnya prestasi belajar
bahkan juga bisa terjadi anak mengambil uang ataupun barang berharga milik
orang tuanya tanpa izin hanya untuk membeli pulsa.Karena itu, orang tua
hendaknya benar-benar mempertimbangkan matang-matang segala dampak yang akan
timbul sebelum memutuskan untuk memberikan handphone ataupun benda-benda lain
yang sekiranya berdampak negatif terhadap perkembangan anakyang sudah memasuki
tahap remaja.
Masa remaja adalah masa pencarian
jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut
melalui jalan yang benar atau jalan yang salah.
C. Manfaat Yang di
Peroleh dari Adanya Penggunaan Handphone
Ada 2 manfaat yang dapat kita
peroleh
Manfaat umum meliputi
Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang
perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.
Dampak Negatif
1. Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur yang
tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu
siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan
dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga
mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek
(curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan
sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan
menjadi budak teknologi.
2.
Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di
seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk
terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam
menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang
tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan
menggunakan HP secara permanen.
4
3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan
perilaku siswa.
Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk
menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang
sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang
sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
5. Pemborosan Dengan mempunyai
HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi
kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan
menjadi pemborosan yang saja.
kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan
menjadi pemborosan yang saja.
6. Mengalihkan Perhatian Dalam
kenyataannya, HP berhasil mengalihkan perhatian
siswa dari proses pembelajarannya. Mereka lebih memperhatikan HP daripada semua
penjelasan yang diberikan guru.
siswa dari proses pembelajarannya. Mereka lebih memperhatikan HP daripada semua
penjelasan yang diberikan guru.
Tentunya jika kondisi ini terjadi, maka pengaruh HP terhadap prestasi
belajar benar-
benar mereka alami. Akibat terlalu memperhatikan HP, maka penjelasan guru
diabaikan. Akibatnya, prestasi mereka-pun merosot. Ini merupakan salah satu akibat
dari pengaruh HP pada anak-anak
benar mereka alami. Akibat terlalu memperhatikan HP, maka penjelasan guru
diabaikan. Akibatnya, prestasi mereka-pun merosot. Ini merupakan salah satu akibat
dari pengaruh HP pada anak-anak
7. Menurunkan Konsentrasi Konsentrasi
adalah tingkat perhatian kita terhadap sesuatu.
Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali HP menyita sebagian besar waktu mereka.
Sementara kita tahu bahwa penjelasan dan bimbingan guru merupakan salah satu cara HP untuk keperluan lain. Anak-anak asyik bermain dengan HP dan melupakan tugas kewajiban utamanya.
Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali HP menyita sebagian besar waktu mereka.
Sementara kita tahu bahwa penjelasan dan bimbingan guru merupakan salah satu cara HP untuk keperluan lain. Anak-anak asyik bermain dengan HP dan melupakan tugas kewajiban utamanya.
Mereka tidak lagi memperhatikan tugas kewajibannya sebab disibukkan oleh
HP. Akibatnya, anak tidak menguasai materi belajarnya. Tidak ada satupun materi
yang tersimpan dalam memori otak sebab memang tidak ada yang dimasukkan ke
sana.
Pada saat proses pembelajaran berlangsung, seringkali kita melihat beberapa siswa bermain HP. Walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan HP saat proses menulis berlangsung, itu artinya siswa telah mengabaikan dan melupakan tugas dan kewajiban utamanya. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi dan tugas kewajiban guru untuk memperingatkannya. Tetapi meskipun demikian, peranan guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan HP tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.
Pada saat proses pembelajaran berlangsung, seringkali kita melihat beberapa siswa bermain HP. Walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan HP saat proses menulis berlangsung, itu artinya siswa telah mengabaikan dan melupakan tugas dan kewajiban utamanya. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi dan tugas kewajiban guru untuk memperingatkannya. Tetapi meskipun demikian, peranan guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan HP tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.
5
8. Malas Belajar Anak-anak yang
sudah kecanduan HP, maka setiap saat yang
dilakukannya hanyalah bermain HP dan HP. Mereka tidak pernah berpikir pada hal
yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah HP. Jika ke mana-mana tidak ada
HP, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa anak yang tidak mau
melakukan kegiatan karena tidak punya HP. Pada saat-saat belajar, anak-anak
menghadapi buku dengan dampingan HP. Pada awalnya HP digunakan untuk
mendengar prestasi belajar anak, lebih baik mereka tidak diberi HP. Oleh karena
itulah,
peranan orang tua, guru dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kit adalam
meminimalisasi pengaruh HP terhadap prestasi belajar siswa.
dilakukannya hanyalah bermain HP dan HP. Mereka tidak pernah berpikir pada hal
yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah HP. Jika ke mana-mana tidak ada
HP, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa anak yang tidak mau
melakukan kegiatan karena tidak punya HP. Pada saat-saat belajar, anak-anak
menghadapi buku dengan dampingan HP. Pada awalnya HP digunakan untuk
mendengar prestasi belajar anak, lebih baik mereka tidak diberi HP. Oleh karena
itulah,
peranan orang tua, guru dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kit adalam
meminimalisasi pengaruh HP terhadap prestasi belajar siswa.
9.Meningkatnya video porno dan
kata-kata yang tidak senonoh Akibat yang
sangat
berbahaya oleh siswa adalah penggunaan HP dengan tujuan yang menyimpang seperti
mengisi video porno ke dalam HP dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh.
Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di
HP
mereka. Di samping itu juga HP digunakan untuk tukar-tukaran jawaban ujian.
berbahaya oleh siswa adalah penggunaan HP dengan tujuan yang menyimpang seperti
mengisi video porno ke dalam HP dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh.
Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di
HP
mereka. Di samping itu juga HP digunakan untuk tukar-tukaran jawaban ujian.
Dampak negatif HP biasanya ditemukan pada HP yang cukup canggih yang memiliki fitur kamera, internet, dan bluetooth yang memudahkan pengguna HP untuk menyimpan dan sharing data-data yang tidak sepatutnya untuk disimpan. Untuk itu, diperlukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut agar siswa (generasi muda) tidak rusak moralnya hanya karena kecanggihan teknologi seperti HP. Jadi, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah mencari kesibukan dan fokus terhadap kesibukan kita. Sehingga, siswa tidak hanya menyibukkan diri dengan HP saja. Serta siswa memanfaatkan HP dengan baik dan seperlunya saja. Sehingga, siswa dapat menghindari komunikasi yang sia-sia dan membuang-buang waktu dan biaya. Yang terpenting, siswa juga mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mempertahankannya.
Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar
siswa ternyata juga bisa buruk. Hal ini dicontohkan dengan siswa yang mungkin
malah keasyikan telepon atau SMS dengan teman/pacar sehingga mereka lupa untuk
belajar. Mereka merasa bebas untuk menelepon atau SMS. Berbeda bila menggunakan
telepon rumah, yang penggunaannya dikontrol ketat oleh orang tua.Fitur hiburan
pada handphone juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Misalnya MP3, siswa
bisa saja lebih suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harusbelajar.
Selain MP3, ada game yang juga bisa membuat siswa lebih suka menuntaskan
bermain game daripada menuntaskan tugas sekolah.Fitur internet pada handphone
memang bisa memberikan pengaruh baik, tapi bila tidak digunakan secara bijak,
hal ini bisa saja malah menurunkan prestasi belajar siswa. Kemudahan siswa
untuk bisa memperoleh info apa saja, bisa membuat siswa terlena oleh dunia
maya.
6
Apalagi saat ini banyak beredar jejaring
sosial, hal ini bisa membuat siswa lebih suka menghabiskan waktu untuk
mengutak-atik handphone daripada belajar.Handphone bukan sekedar kebutuhan,
tapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan, ada anggapan kalau tidak punya
handphone, maka akan dicap sebagai orang kampungan. Hal seperti ini bisa
mempengaruhi mental siswa.
Mereka akan lebih memikirkan gaya hidup daripada memikirkan kegunaan
handphone itu sendiri, mereka tidak fokus dalam belajar karena lebih
mementingkan gaya hidup pergaulan.Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar
siswa yang lain adalah siswa menjadi lebih mengandalkan handphone daripada
harus belajar. Contohnya, saat ujian, siswa bisa mencontek atau menanyakan
jawaban pada teman lewat handphone (dengan SMS). Tentu akan mengurangi minat
siswa dalam belajar karena berpikir kalau mereka pasti bisa melewati ujian
asalkan ada handphone. Kasus seperti ini sudah banyak sekali ditemukan di
Indonesia. Jadi, Perkembagan teknologi sekarang yang cukup mdern dapat
mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP sekarang juga sudah
merusak akhlak pelajar dinegeri kita rusak. Menggunakan HP lebih baik tidak
pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan menggunakan HP
dengan tidak seharusnya/semestinya.
2) Manfaat khusus meliput.
1. Mempermudah komunikasi.
2. Mengetahui perkembangan teknologi.
D. Fakta Sikap Para Remaja Yang
Menyalahgunakan Handphone
Berikut merupakan tindakan remaja khususnya siswa yang sering ditemukan:
1. Banyak remaja yang mempunyai handphon waktu luangnya banyak tersits untuk
1. Banyak remaja yang mempunyai handphon waktu luangnya banyak tersits untuk
smsan atau menelpon.
2. Ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung didalam
kelas siswa
memilih sibuk dengan handphone mereka.
memilih sibuk dengan handphone mereka.
3. Sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut
untuk
saling berkomunikasi ketika saat ulangan.
saling berkomunikasi ketika saat ulangan.
4. Banyak siswa yang menyimpan hal-hal yang berbau pornoaksi
dan pornografi.
5. Remaja tidak gagap teknologi remaja dapat mengikuti perkembangan
era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam
waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan
urusannya.
5. Remaja tidak gagap teknologi remaja dapat mengikuti perkembangan
era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam
waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan
urusannya.
7
6. Remaja atau siswa dapat mencari materi dengan search lewat handphone
meskipun berada dalam lingkungan kelas saat jam pelajaran tanpa perlu
kelaboratoriumTIK.
7. Saat ini telah banyak diproduksi handphone berfitur internet.
Hal
ini cukup memudahkan para siswa untuk
mencari fitur game dalam HP pun
cukup mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Sama seperti internet, game
tidak akan merugikan bila digunakan sesuai aturan dan memiliki batasan. Tapi,
umumnya siswa malah keasyikan bermain game dan lupa untuk belajar.
cukup mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Sama seperti internet, game
tidak akan merugikan bila digunakan sesuai aturan dan memiliki batasan. Tapi,
umumnya siswa malah keasyikan bermain game dan lupa untuk belajar.
8. Hal negatif lain adalah
penggunaan handphone di saat ujian. Hal seperti ini sudah
sering sekali ditemukan di sekolah-sekolah Indonesia. Keberadaan handphone yang
digunakan untuk mencontek, mungkin memang akan meningkatkan nilai ujian, tapi
akan sangat memperburuk mental siswa. Mereka menjadi selalu tergantung pada
teman atau pada contekan yang disiapkan di dalam HP. Bila nilai bagus tidak seiring
dengan kecerdasan, hal ini sangat merugikan sekali, bukan?
sering sekali ditemukan di sekolah-sekolah Indonesia. Keberadaan handphone yang
digunakan untuk mencontek, mungkin memang akan meningkatkan nilai ujian, tapi
akan sangat memperburuk mental siswa. Mereka menjadi selalu tergantung pada
teman atau pada contekan yang disiapkan di dalam HP. Bila nilai bagus tidak seiring
dengan kecerdasan, hal ini sangat merugikan sekali, bukan?
E. Tindakan Remaja Untuk
Menghindari Penyalahgunaan Handphone
Tindakan yang seharusnya dilakukan setiap remaja untuk menghindari
penyalahgunaan
handphone yaitu.
handphone yaitu.
1. Menolak ajakan teman
untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang
meyangkut pornoaksi dan pornografi.
2. Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat
meyangkut pornoaksi dan pornografi.
2. Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat
pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
3. Ketika berada dirumah sebaiknya
mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar
dan menggunakan handphone.
4. Belajar sebaik mungkin
agar tidak sampai menggunakan handphone saat ujian.
5. Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno
5. Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno
dari handphone.
6. Menggunakan handphone jika diperlukan dan untuk hal-hal yang penting saja.
7. Memperbanyak konten-konten religi pada handphone.
6. Menggunakan handphone jika diperlukan dan untuk hal-hal yang penting saja.
7. Memperbanyak konten-konten religi pada handphone.
8. Memberi kode pengaman
pada handphone jika diperlukan.
Dalam hal ini pengawasan dari orang tua juga sangat penting. Mengingat
kenakalan remaja dilakukan mayoritas dilakukan oleh para remaja yang kurang
mendapat perhatian dari orang tua.
8
F. Langkah Pengendalian
Penyalahgunaan Handphone.
Meminimalisasi beragam
penyalahgunaan ponsel perlu dilakukan langkah-langkah terpadu Orang tua sudah
waktunya lebih melek teknologi , bukan malah gagap teknologi Seringkali oaring
tua hanya mampu membelikan tetapi tidak pandai menggunakan ponsel secara detil.
Keadaan ini dapat mengakibatkan oaring tua tidak dapat mengontrol mudah
dipintari (dibodohi) anak untuk disalahgnakan. Bila orang tua ahli mengutak
atik ponsel mereka dapat mengontrol secara teratur penggunaan dan
penyalahgunaan handphone anaknya.Memanjakan anak dengan ponsel mahal juga tidak
bijaksana, karena sesungguhnya masih banyak kebutuhan yang lebih penting dan
mendidik.
Sekolah perlu memberlakukan larangan membawa ponsel Larangan ini sudah diberlakukan di beberapa SLTP, Pesantren dan alangkah baiknya juga diberlakukan di SLTA. Pemberlakuan dibarengi razia yang teratur dan konsisten. Kalau sekolah terpaksa membolehkan, karena da isswa yang diantar jemput keluarganya minimal ponsel itu di kumpulkan di kantor sekolah/kelas sewaktu pelajaran berlangsung.
Sekolah perlu memberlakukan larangan membawa ponsel Larangan ini sudah diberlakukan di beberapa SLTP, Pesantren dan alangkah baiknya juga diberlakukan di SLTA. Pemberlakuan dibarengi razia yang teratur dan konsisten. Kalau sekolah terpaksa membolehkan, karena da isswa yang diantar jemput keluarganya minimal ponsel itu di kumpulkan di kantor sekolah/kelas sewaktu pelajaran berlangsung.
Sejak masuk hingga pulang. Ini efektik
terutama untul lebih mengonsentrasikan siswa terhadap pelajaran dan menghindari
siwa membawa ponsel mahal karena takur tertukar dengan yang lain dan tidak
berani memuat pesan atau program yang menyalaahi tata tertib sekolah karena
akan diketahui oleh guru pengawas.
Walaupun terdapat video atau gambar yang tidak senonoh dan sudah dihapus
oleh para guru,itu akan sia-sia jika nanti dirumah para siswa mengisi kembali
HPnya dengan gambar atau video yang tidak senonoh. Sebaiknya pihak sekolah
melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:
1) Memberikan penjelasan kepada
siswa dampak positif dan negatif yang
ditimbulkan oleh HP. Tentu guru
harus menjelaskan dengan sejujur-jujurnya dan sejelas-jelasnya kepada para siswanya
agar dapat mengerti tentang bahaya HP.
2) Pada setiap pertemuan dengan para orangtua siswa, yang biasanya terjadi pada waktu pengambilan rapot dengan diselingi pemberian penyuluhan tentang bahaya HP terhadap para anak-anak mereka dan segera menegur mereka.
2) Pada setiap pertemuan dengan para orangtua siswa, yang biasanya terjadi pada waktu pengambilan rapot dengan diselingi pemberian penyuluhan tentang bahaya HP terhadap para anak-anak mereka dan segera menegur mereka.
3) Secara berkala pihak sekolah
melakukan operasi terhadap benda-benda yang dilarang dibawa ke sekolah agar
tidak mengurangi konsentrasi belajar.
Sangat wajar bila selama jam belajar pikiran sisw tidak direcoki
permainan dan perbuatan iseng yang ditawarkan ponsel.Melorotnya prestasi
belajar siswa akhir-akhir ini bias jadi ponsel salah satu variabelnya. Sebab
kita tahu bahwa banyak waktu siswa terbuang sia-sia hanya untuk menguatk-atik
ponsel, belum lagi nonton tv dan sanati sia-sia. Sungguh bijakasana jika
para siswa dan ABG menyadari pentingnya hidup hemat dan efektif menggunakan
uang.Alangkah baiknya jika uang dibelikaan buk, majalah,Koran untuk
mencerdaskan,atau ditabung untuk masa depan.Gaya dan gengsi sebenarnya tidak
ada nilai plusnyadan sudah waktunya ditinggalkan .Negara ini membutuhkan
generasi dengan SDM tinggi, bukan generasi gengsi.
9
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan
1. kebutuhan
pokok masyarakat Indonesia. Disamping harga yang ditawarkan
cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang
majunya teknologi.
cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang
majunya teknologi.
Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk
berkomunikasi saja tetapi juga sebagai gaya
Dari pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu.
Dari pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu.
2. Salah satu teknologi yang saat
ini sedang trend dan telsh merakyat bagi masyarakat Indonesia
adalah handphone untuk berbagai kalangan masyarakat. Handphone sekarang sudah menjadi
hidup, penampilan, tren dan prestise.
adalah handphone untuk berbagai kalangan masyarakat. Handphone sekarang sudah menjadi
hidup, penampilan, tren dan prestise.
3. Perkembangan teknologi yang
terdapat pada handphone begitu menakjubkan
menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan
kebudayaannya terutama terhadap remaja.
perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan
kebudayaannya terutama terhadap remaja.
4. Handphone semakin memanjakan kita
dengan berbagai teknolgi yang diterapkan. Dan
semakin beragam pula cara-cara memanfaatkan fasilitas yang semakin canggih.
5. Cara orang tua dengan membelikan handphone adalah cara yang kurang sebagai ungkapan
kasih sayang tau untuk memanjakan anak.
6. Sering kali handphone mengalihkan akativitas seorang pelajar yang seharusnya belajar sebagai
tugas utama.
semakin beragam pula cara-cara memanfaatkan fasilitas yang semakin canggih.
5. Cara orang tua dengan membelikan handphone adalah cara yang kurang sebagai ungkapan
kasih sayang tau untuk memanjakan anak.
6. Sering kali handphone mengalihkan akativitas seorang pelajar yang seharusnya belajar sebagai
tugas utama.
7. Fungsi Handphone tidak
digunakan sebagaimana mestinya akan tetapi malah disalah gunakan
oleh berbagai pihak.
oleh berbagai pihak.
8. Dan banyaknya sisi negatif
yang ditimbulkan dengan adanya handphone
B.Saran
1.Fasilitas canggih yang telah diberikan dalam
sebuah handphone sudah semestinya
dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya.
dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya.
2.Sebagai seorang remaja hendaknya
lebih mengutamakan belajar.
Sebagai orang seharusnya lebih mempertimbangkan segala sesuatu yang akan
diberikan
kepada anak dengan melihat akibatnya terhadap perkembangan anak terutama yang memasuki
usia remaja.
kepada anak dengan melihat akibatnya terhadap perkembangan anak terutama yang memasuki
usia remaja.
Penggunaan handphone yang terlalu lama dapat menimbulkan hal-hal negatif,
maka sebaiknya
remaja yang sering menggunakan handphone untuk menelepon mengurangi intensitasnya dan
menggunakan seperlunya saja.
remaja yang sering menggunakan handphone untuk menelepon mengurangi intensitasnya dan
menggunakan seperlunya saja.
10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar